Gampang Didapat 10 Makanan Terbaik Menjaga Kadar Kolesterol

1. Kacang - kacangan 
Mengkonsumsi kacang mungkin salah satu cara terbaik untuk mengendalikan kadar kolesterol Anda. penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi sekitar segenggam kacang-kacangan seperti kacang tanah, dan jenis kacang lainnya dapat meningkatkan kolesterol HDL, sehingga meminimalkan risiko penyakit jantung. Mereka juga kaya nutrisi lain seperti vitamin E, tembaga, magnesium, dan fitokimia. Kacang kenari kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat. Anda dapat menyiapkan campuran semua jenis kacang cincang dan menaburkan 1-2 sendok makan pada salad, yogurt, makanan penutup, pilaf, atau sereal. Namun, kacang-kacangan juga tinggi kalori, jadi sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang. Dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 sendok makan kacang cincang 5 kali seminggu atau segenggam kacang sebagai camilan 3 sampai 4 kali seminggu. 

2. Bawang Putih
 Bawang putih terkenal dengan manfaat kesehatannya yang dapat dikaitkan dengan tingginya tingkat antioksidan yang mengandung sulfur. Ini adalah ramuan kuno yang digunakan untuk mengobati beberapa masalah kesehatan. Ini juga memainkan peran penting dalam mengelola kadar kolesterol. Penelitian yang dilakukan oleh Bastyr College di Seattle membuktikan bahwa konsumsi 3 siung bawang putih segar sehari selama sebulan menyebabkan peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) sebesar23%. Manfaat bawang putih lainnya termasuk pencegahan penggumpalan darah, mengontrol tekanan darah dan perlindungan terhadap infeksi. Faktanya, penelitian telah mengamati bahwa bawang putih efektif dalam mencegah penyumbatan arteri yang disebut nanoplaque pada tahap paling awal. Jadi, mereka yang berjuang melawan kadar kolesterol tinggi harus memasukkan bawang putih ke dalam makanan mereka untuk hasil yang lebih baik. Anda bisa menambahkan bawang putih cincang ke sup, atau lauk Anda. bawang putih sering digunakan dalam sup dan semur. 

 3. Ikan: 
Ikan adalah satu-satunya makanan non-vegetarian yang membantu meminimalkan kadar kolesterol tinggi. Konsumsi ikan dua kali hingga tiga kali seminggu dapat menurunkan kolesterol LDL Anda dengan dua cara. Pertama, ini adalah pengganti yang baik untuk daging yang mengandung lemak jenuh penambah LDL. Kedua, semua jenis ikan berlemak seperti mackerel, trout, herring, tuna, salmon, sarden, halibut dll memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi yang menurunkan kolesterol LDL. Omega-3 mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal dengan mengurangi jumlah trigliserida dalam aliran darah. Mereka juga mengontrol tekanan darah dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah. Minyak ikan juga merupakan sumber Omega-3 yang bagus dan sering direkomendasikan. 

4. Kacang panjang 
Kacang adalah salah satu sumber serat terkaya, terutama serat larut penurun kolesterol. Serat larut ini membentuk gel dalam air yang mengikat asam dan kolesterol di saluran usus, sehingga mencegah penyerapannya. Anda memiliki berbagai macam kacang untuk dipilih - kacang pinto, hitam, buncis, ginjal, biru tua, mata hitam, garbanzos, dan kacang mentega. Konsumsi secangkir jenis kacang apa pun dalam sehari dapat menurunkan kolesterol sekitar 10% hanya dalam 6 minggu. Kacang dapat digunakan dalam beberapa resep seperti salad dan kentang panggang isi, atau bubur untuk roti lapis. Kacang kalengan juga tersedia, tetapi harus dibilas dengan benar sebelum digunakan karena dikemas dengan cairan natrium tinggi. Untuk manfaat kesehatan yang lebih besar, makan kacang-kacangan setidaknya 5 kali dalam seminggu. 

5. Cokelat Hitam
Mungkin salah satu makanan paling enak, cokelat hitam juga efektif dalam meminimalkan kadar kolesterol. Ini mengandung tiga kali lipat jumlah antioksidan yang terkandung dalam coklat susu. Antioksidan flavonoid ini mencegah pembuluh darah saling menempel dan menjaga arteri Anda tidak tersumbat. Kandungan flavonoid dark chocolate tergantung pada cara penanganan dan pengolahannya. Polifenol dalam cokelat hitam meningkatkan profil lipid pada individu dengan kadar kolesterol tinggi. Penelitian juga telah membuktikan bahwa konsumsi cokelat hitam menyebabkan peningkatan kadar kolesterol HDL sebesar 13,7%. Ini mencegah oksidasi kolesterol jahat. Berbagai manfaat kesehatan dari cokelat hitam menjadikannya pilihan yang sehat untuk memuaskan rasa manis Anda tanpa mengisi tubuh Anda dengan kalori yang tidak diinginkan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengonsumsi satu ons cokelat hitam dalam sehari. Cokelat putih harus dihindari karena tidak mengandung flavonoid sama sekali. 

 6. Buah
Buah-buahan tertentu seperti stroberi, apel, anggur, dan buah jeruk kaya akan pektin, serat larut yang membantu menurunkan kolesterol LDL. Buah-buahan juga mengandung beberapa vitamin, mineral dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Jadi gabungkan banyak buah dalam makanan Anda. Anda dapat mengkonsumsinya secara utuh. 

7. Bayam:
 Bicara tentang manfaat kesehatan dan bayam memilikinya! Sayuran yang menyehatkan jantung ini sarat dengan lutein, vitamin sinar matahari yang lazim terdapat pada sayuran berdaun hijau tua dan kuning telur. Lutein sangat penting untuk kesehatan mata karena mencegah terjadinya degenerasi makula terkait usia, yang menyebabkan kebutaan. Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi setidaknya setengah cangkir makanan kaya lutein setiap hari membantu dinding arteri menangkal penjajah kolesterol yang menyebabkan penyumbatan, sehingga mencegah serangan jantung. Namun rasa bayam seringkali menjadi alasan untuk tidak mengonsumsi sayuran sehat ini. Nah, rasanya bisa ditingkatkan dengan cara memasaknya. 

 8. Margarin / Mentega
 Margarin semakin populer sebagai olesan roti sebagai pengganti mentega. Dua margarin yang membantu menurunkan angka kolesterol Anda adalah - Kendalikan dan Benecol. Mereka memblokir penyerapan kolesterol yang terkandung dalam makanan dan empedu Anda. Take Control terdiri dari sterol nabati yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol total dan LDL hingga 14%. Stanol tanaman di Benecol melakukan fungsi yang sama. Menurut sebuah penelitian, 1-2 porsi Take Control menurunkan kolesterol total sebesar 6% menjadi 8% dan kolesterol LDL sebesar 7% hingga 10%. Demikian pula 3 porsi Benecol menurunkan total darah dan kolesterol LDL masing-masing sebesar 10% dan 14%. Namun, margarin mengurangi penyerapan beta-karoten. Jadi disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak wortel, paprika merah manis, ubi jalar dan bayam untuk mendapatkan jumlah beta-karoten yang disarankan.

 9. Alpukat: 
Kualitas alpukat yang menurunkan kolesterol dapat dikaitkan dengan kandungan tinggi asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung, yang membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL "baik" serta menurunkan kadar kolesterol LDL "buruk". Selain itu, mereka secara eksklusif tinggi beta-sitosterol, lemak nabati yang mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Kombinasi luar biasa dari lemak tak jenuh tunggal dan beta-sitosterol membuat alpukat menjadi makanan rendah kolesterol yang sangat baik. Alpukat juga tinggi kalori (300 kalori dan 0,3 gram lemak per buah) sehingga sebaiknya digunakan sebagai pengganti makanan atau bumbu berlemak tinggi. 

10. Teh: 
Minuman universal ini dikemas dengan senyawa antioksidan. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi teh membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks dan mencegah pembekuan darah. Flavonoid merupakan antioksidan utama dalam teh, yang menghentikan oksidasi kolesterol LDL, sehingga mencegah pembentukan plak pada dinding arteri. Antioksidan ini juga membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol tingkat tekanan darah. Anda bisa minum teh panas atau es. Es teh buatan sendiri lebih disukai daripada es teh karena memiliki lebih banyak antioksidan. Teh hijau dan hitam dikenal karena tingkat antioksidannya yang tinggi. Tidaklah sulit untuk memasukkan teh ke dalam makanan Anda. Mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi harus memastikan untuk minum setidaknya satu cangkir teh dalam sehari. tentang akibat kelebihan kolesterol : kolesterol dapat memblokir arteri Anda, menyebabkan penyakit jantung. Demikian pula, sangat penting untuk mendapatkan tingkat kolesterol HDL yang diinginkan (di atas 60 mg / hari) karena dapat menghilangkan kelebihan kadar kolesterol jahat dari tubuh Anda dengan mengangkutnya dari pembuluh darah ke hati dari mana ia dikeluarkan dan dibuang. Jadi, kadar kolesterol HDL yang rendah sekalipun dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 
Terlalu sedikit kolesterol juga tidak baik juga ..

Gambar protil Informasi Informasi 03-12-2020
0
Komentar 0

Saran Lainnya :